Fitur Teknologi Baru Yamaha Mio J 2012

Posted by Admin

Apa saja fitur teknologi baru yang menjadi andalan Yamaha Mio J, motor matic baru Yamaha tahun 2012 ini:

1. Aplikasi YMJET-FI generasi kedua


Teknologi injeksi YMJET-FI (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection) memang sudah dipakai pada beberapa varian Yamaha sejak 2009. Yamaha Fiore jadi yang pertama, tapi ternyata YMJET-FI yang ada di Mio J dan Fiore beda generasi, dimana bedanya dengan generasi pertama ada pada posisi selang air assist passage. Pada generasi pertama sejajar dengan injektor. Sedang pada generasi kedua posisinya sedikit digeser dan aliran udaranya ditabrakan ke dinding intake, efeknya aliran turbulensi campuran bahan bakar yang tercipta menjadi lebih baik. Arah aliran dan kabut bahan bakar yang sangat halus menciptakan pembakaran yang lebih ideal, aliran udara diatur oleh Idle Speed Control, perangkat ini menjaga agar saat langsam, putaran mesin tidak lebih dan kurang dari 1.600 rpm.

2. Komponen utama yang baru
  • Fuel Pump yang lebih kecil, dan kapasitas tangki BBM lebih besar.
  • Fuel Injector 4 lubang.
  • MAQS (Modulated Air Quantity Sensor) . Fungsinya menganalisa jumlah udara yang masuk ke dalam intake manifold. Didalamnya terdiri dari TPS (Throttle Position Sensor), IAPS (Intake Air Pressure Sensor) dan IATS (Intake Air Temperature Sensor).
  • O2 Sensor, menjaga gas buang sisa pembakaran agar selalu ideal.
  • ISC, Idling Speed Control berfungsi menjaga langsam selalu dalam kondisi ideal.
  • Crank Angle Sensor, memberikan input timing pengapian berdasarkan posisi kruk as.
  • Engine Temperatur Sensor, memberikan suplai bahan bakar yang sesuai dengan kondisi mesin.
  • ECU, Electronic control unit yang menjadi otak sistem injeksi dan pengapian pada Mio J sudah lebih cerdas.
  • Lean Angle Sensor, berfungsi untuk mematikan mesin saat motor terjatuh atau terlalu miring


3. Sudah Pakai Roller Rocker Arm, performa mesin terjaga dan minim getaran.

4. CVT baru yang lebih responsif 

Yamaha Mio J ini memiliki akselerasi yang lebih responsif sejak bagian bawah hingga menengah. Efek yang mau didapat adalah, performannya responsif dan tetap hemat bahan bakar. Roller pun lebih ringan 1 gram. Dari 10,5 gram jadi 9,5 gram. Gigi rasio juga beda. Mio J, 15/47 mata. Sporty, 13/41 mata. Sedang lebar belt nya 18,5 mm.

5. Rangka yang baru.

Mio J memiliki panjang total 1.850 mm, lebar 700 mm dan tinggi total 1.050 mm. Tinggi jok ke tanah hanya 745 mm dan memiliki sumbu roda 1.260 mm. Ground clearance-nya 130 mm. Satu lagi yang membuat Yamaha Mio J ini berbeda. Yaitu ada pada bobot pelek dan diameter disk brake depan. Pelek Mio J lebih ringan dari Mio Sporty. Pelek depan hanya 2.123 gram dan yang belakang 3.270 gram. Sedang Mio Sporty 2.354 gram dan 3.400 gram.

sumber: motorplus.otomotifnet.com

Tag: mesin yamaha mio j, spek mesin mio j, kekurangan yamaha mio j, keunggulan yamaha mio j, beda mio j, fitur vbelt mio j, mesin handal mio j, irit bahan bakar mio j, akselerasi mio j, yamaha mio ymjet-fi baru, mio j 2012 yamaha, rangka mio j, velg mio j, cvt mio j, matic mio j, mesin baru nio j, speed mio j, performa mio j, harga mio j 2012, engine mio j, mio j injeksi, kelehaman mio j, spec mio j 2012 injeksi, mio injection, engine yamaha mio j, rasio mio j, mio j ecu, karburator mio j, mio j bandung, mio j jakarta, mio j surabaya, rem cakram mio j yamaha, matic mio j engine, body mio j, warna mio j, mesin modif mio j, gear rasio mio j
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

{ 0 comments... read them below or add one }